Setiap orang yang melakukan pengiriman barang pasti ingin mengetahui status barang tersebut. Nah, untuk melacak status barang apalagi yang dikirim lewat jasa pengiriman JNE, kamu bisa menggunakan layanan cek resi JNE. Namun, ada kalanya saat melakukan pengecekan, kamu mendapatkan informasi “cek resi JNE not found” atau “resi tidak ditemukan”.
Mungkin kamu merasa bingung, kenapa bisa begitu? Nah, di sini kamu akan mengetahui mengapa cek resi JNE not found, serta beragam solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui status barang yang kamu kirimkan.
Kenapa Cek Resi JNE Not Found?
Ada beberapa alasan mengapa kamu mendapatkan informasi cek resi JNE not found saat melakukan pengecekan. Berikut ini alasan-alasannya:
1. Nomor Resi Salah
Ketika kamu melakukan pengecekan, pastikan untuk memasukkan nomor resi yang benar. Karena nomor resi adalah kode unik yang diberikan oleh JNE saat paket dikirimkan. Jika kamu memasukkan nomor resi yang salah, tentu saja sistem cek resi JNE akan memberi informasi cek resi not found.
2. Paket Belum Diproses Oleh JNE
Jika baru saja kamu mengirimkan paket atau barang, maka bisa saja informasi cek resi JNE not found muncul. Hal ini dikarenakan paket belum diterima oleh JNE, sehingga belum memiliki data yang dapat diproses oleh sistem cek resi JNE.
3. Paket Sudah Sampai Tujuan
Sebenarnya, informasi cek resi JNE not found juga bisa muncul jika paket sudah sampai di tujuan. Hal ini terjadi karena data paket telah dipindahkan dari sistem cek resi JNE. Jadi, jika kamu sudah mendapatkan informasi cek resi JNE not found, maka kamu bisa menghubungi penerima paket untuk mengetahui status paket tersebut.
Solusi Cek Resi JNE Not Found
Ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui status barang yang dikirimkan lewat JNE. Berikut solusi-solusi yang bisa kamu coba:
1. Coba Ulang Pengecekan
Jika kamu mendapatkan informasi cek resi JNE not found saat melakukan pengecekan, maka kamu bisa mencoba melakukan pengecekan kembali. Periksa ulang apakah kamu memasukkan nomor resi yang benar. Jika benar, maka cobalah untuk melakukan pengecekan di lain waktu, karena data paket belum masuk ke sistem JNE.
2. Hubungi Customer Service JNE
Selain melakukan pengecekan kembali, kamu juga bisa menghubungi Customer Service JNE untuk mengetahui status barang yang dikirimkan. Mereka biasanya akan memberi informasi lebih detail mengenai status barang tersebut.
3. Cek di Website Resmi JNE
Selain mengecek melalui aplikasi, kamu juga bisa mengecek status barang melalui website resmi JNE. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan nomor resi yang diberikan di halaman cek resi JNE dan klik tombol cek. Selanjutnya, informasi status barang yang dikirimkan akan ditampilkan.