Cara Cek Nomor Resi Cargo Dengan Mudah

Di era teknologi informasi seperti sekarang ini, kita bisa melakukan banyak hal hanya dengan sentuhan jari. Hal ini juga berlaku untuk para pebisnis yang sering melakukan kirim barang dengan menggunakan layanan jasa pengiriman seperti cargo. Dengan menggunakan cargo, barang-barang yang dikirimkan akan tercatat dalam sebuah sistem yang bisa dicari dengan memasukkan nomor resi cargo yang telah diberikan oleh layanan cargo.

Nah, jika kamu ingin mengetahui status pengiriman barang milikmu yang menggunakan layanan cargo, kamu bisa melakukan pengecekan nomor resi cargo dengan mudah. Berikut adalah caranya!

1. Kunjungi Website Resmi Layanan Cargo

Pertama, kamu harus mengunjungi website resmi dari layanan cargo yang kamu gunakan untuk mengirimkan barangmu. Di sana, kamu akan dapat melihat fitur pengecekan nomor resi cargo. Di beberapa layanan cargo, kamu juga bisa mengetahui tarif pengiriman ataupun informasi lainnya yang berkaitan dengan layanan cargo.

2. Masukkan Nomor Resi Cargo

Kemudian, kamu bisa memasukkan nomor resi cargo yang kamu miliki di kolom yang telah disediakan oleh layanan cargo tersebut. Pastikan kamu memasukkan nomor resi yang benar agar kamu bisa melihat informasi yang tepat tentang pengiriman barangmu.

3. Lihat Informasi Pengiriman Barang

Setelah kamu memasukkan nomor resi cargo, kamu bisa melihat informasi yang berkaitan dengan pengiriman barangmu. Tergantung layanan cargo yang kamu gunakan, kamu bisa melihat informasi tentang waktu kirim, lokasi pengiriman, tanggal kirim, dan juga status pengiriman barangmu.

4. Ikuti Petunjuk Jika Status Pengiriman Belum Selesai

Jika status pengiriman barangmu belum selesai, kamu bisa mengikuti petunjuk yang telah disediakan oleh layanan cargo tersebut. Petunjuk ini bisa berupa informasi tentang nomor kontak layanan cargo ataupun alamat lokasi cabang layanan cargo yang bisa kamu hubungi.

5. Telusuri Informasi Lainnya

Selain informasi pengiriman barangmu, kamu juga bisa menelusuri informasi lain yang tersedia di website layanan cargo. Informasi ini bisa berkaitan dengan layanan yang tersedia, tarif pengiriman, aturan dan ketentuan layanan cargo, dan lain sebagainya.

6. Ikuti Perkembangan Pengiriman Barangmu

Dengan mengecek nomor resi cargo, kamu bisa mengetahui perkembangan pengiriman barangmu dan memastikan apakah barangmu sudah sampai di tujuan atau belum. Selain itu, kamu juga bisa memastikan apakah barangmu sampai dengan selamat atau tidak.

7. Gunakan Aplikasi Layanan Cargo

Tidak hanya website, beberapa layanan cargo juga sudah menyediakan aplikasi untuk para penggunanya. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengecek nomor resi cargo. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa melihat informasi yang sama dengan yang ada di website layanan cargo.

8. Gunakan Layanan Cek Nomor Resi Cargo

Selain menggunakan website atau aplikasi layanan cargo, kamu juga bisa menggunakan layanan cek nomor resi cargo lainnya yang tersedia di internet. Layanan ini bisa kamu gunakan untuk mengecek nomor resi cargo dari berbagai layanan cargo.

9. Cek Status Pengiriman Barangmu Setiap Saat

Untuk memastikan bahwa status pengiriman barangmu up-to-date, kamu bisa mengecek nomor resi cargo secara berkala. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan website resmi layanan cargo, aplikasi layanan cargo, ataupun layanan cek nomor resi cargo lainnya.

10. Pastikan Status Pengiriman Barangmu Selesai

Pada akhirnya, kamu harus memastikan bahwa status pengiriman barangmu sudah selesai. Apabila barangmu sudah sampai di tujuan, kamu bisa mengkonfirmasi pengiriman barangmu dan meminta penerima untuk melakukan verifikasi terhadap barang. Selamat mengecek nomor resi cargo!