Lacakpaket.co.id – Cara komplain JNE tidak bisa kamu lakukan sembarangan. Meski kamu merasa ada kesalahan dari pihak JNE, kamu tetap harus melakukan komplain dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Sebagai seller, tentu kepuasan seorang customer adalah sebuah faktor yang paling penting dalam menjaga reputasi toko.
Mungkin beberapa jasa seperti JNE terkadang mengalami kendala dalam pengiriman barangnya. Untuk mengajukan komplain kepada pihak JNE terkait dengan pengiriman barang yang terlambat, hilang, barang tidak sesuai pesanan, rusak memang bisa dilakukan melalui customer service. Namun ada kalanya, tidak semua komplain pengguna mendapat respon cepat dan sigap.
Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat menerapkan cara dan teknik agar pesan keluhanmu dapat segera direspons oleh CS JNE. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips komplain ke JNE dengan tepat.
Cara Komplain JNE
Terdapat beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengajukan komplain, mulai dari email, telepon, media sosial bahkan datang langsung ke kantor terdekat. Berikut ini merupakan cara mengajukan komplain ke JNE, lengkap dengan langkah-langkahnya.
1. Komplain Melalui Email CS JNE
Cara pertama yang dapat dilakukan merupakan mengirim email kepada pihak JNE dengan mengirim email melalui customercare@jne.co.id. Berikut adalah langkah pengajuan komplain melalui email.
- Pertama, kamu dapat membuka Gmail yang sudah terpasang pada smartphone atau PC, kemudian ketuk opsi buat email baru. Kemudian mulailah untuk menulis email.
- Pada bagian form email, terdapat beberapa kolom yang perlu diisi yakni kolom Kepada (isikan email customercare@jne.co.id), Subjek (judul email contohnya Komplain Barang Rusak).
2. Komplain Melalui Customer Care JNE
Cara komplain barang yang hilang atau rusak juga dapat dilakukan menghubungi call center. Cara ini merupakan solusi yang paling cepat dan tepat dalam memperoleh respon mengenai paket yang mengalami kendala. Untuk pengajuan dengan cara ini, kamu dapat menghubungi nomor (021) 2927 8888 dengan biaya Rp1.500/menit.
Dengan cara ini kamu dapat mengetahui kondisi, status paket, serta solusi yang ditawarkan oleh CS JNE. Jangan lupa juga untuk menyampaikan keluhan yang dialami beserta nomor resi pengiriman, identitas pengirim dan penerima paket, jenis layanan JNE yang digunakan, dan ciri-ciri paket barang yang dikirimkan guna mempermudah proses pelacakan.
3. Komplain Melalui Call Center Regional JNE
Selain komplain dengan mengirim email ke customer service JNE, kamu juga bisa komplain melalui call center sesuai dengan daerah tujuan pengiriman. Sebelum komplain dengan cara ini, kamu harus tahu cara cek resi JNE supaya tahu lokasi paket. Dengan mengetahui lokasi paket, kamu bisa menghubungi nomor sesuai dengan daerah tujuan paket.
4. Komplain Melalui Sosial Media JNE
Cara komplain di JNE lainnya yakni dengan menghubungi customer service JNE dengan melalui akun media sosial JNE. Terdapat 3 platform media sosial yang digunakan oleh pihak JNE untuk melakukan promosi maupun komplain diantaranya yakni Facebook, Twitter, dan Instagram. Cara komplain CS JNE amatlah mudah yakni kamu cuma perlu mengirimkan pesan kepada pihak CS melalui salah satu media sosial di atas.
Untuk format pengirimannya sendiri, kamu dapat menggunakan template yang sama seperti template untuk pengajuan komplain melalui email. Jangan lupa juga untuk melampirkan nama pengirim, penerima, nomor resi, nomor HP yang bisa dihubungi, dan keterangan kendala paket. Dengan menggunakan format yang tepat dan terresitur, komplain yang kamu ajukan akan memperoleh tanggapan yang cepat.
5. Komplain Langsung Ke Kantor Agen JNE Terdekat
Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengajukan komplain JNE yakni dengan datang langsung ke kantor JNE pusat maupun cabang terdekat. Bagi kamu yang tinggal atau berdomisili di Jakarta, kamu bisa datang langsung ke kantor pusat JNE yang berlokasi di Jalan Tomang Raya nomor 11, Jakarta Barat.
Selain itu, bisa juga dengan menghubungi call center JNE terlebih dahulu di nomor (021) 5086 8880 atau office (021) 566 5262. Sementara itu, untuk kamu yang berdomisili di luar Jakarta, kamu dapat datang ke kantor cabang terdekat. Nantinya, petugas JNE akan segera membantu proses pelacakan paket barang ke kantor pusat JNE.
Persiapan Sebelum Komplain JNE
Sebelum melakukan komplain kepada JNE, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, diantaranya adalah:
1. Melakukan Cek Resi JNE Terlebih Dahulu
Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum kamu mengajukan komplain terhadap pihak JNE adalah kamu harus mengecek terlebih dahulu resi pengiriman. Kamu bisa cek resi JNE supaya mengetahui lokasi dan posisi paketmu berada. Jika status pengiriman menyatakan paket hilang, rusak, atau belum bergerak dari gudang transit, maka kamu dapat mengajukan komplain kepada pihak JNE supaya segera memperoleh penanganan lebih lanjut.
Melakukan pengecekan resi pun berguna untukmu yang ingin mengetahui berapa lama paket berada dalam perjalanan. Selain itu, dengan melakukan pengecekan resi pun berguna untuk kamu yang ingin mengetahui estimasi berapa lama lagi paket akan sampai.
2. Mencatat Keluhan
Persiapan yang berikutnya yakni mengajukan komplain dengan mencatat kendala atau keluhan yang dialami untuk diajukan kepada pihak JNE. Pelanggan dapat mencatat dan menanyakan mengapa paket barang belum dikirim, mengalami kendala, keterlambatan, hilang, atau rusak.
Kamu dapat segera memperoleh solusi dari pihak customer care JNE dengan mencatat keluhan yang sedang dialami. Terdapat beberapa hal yang wajib dicatat sebelum menerapkan cara komplain JNE di atas, antara lain yakni nomor resi, nama pengirim, nama penerima, alamat asal, alamat tujuan, dan lain-lain.