Cara Cek Resi Pengiriman Barang Di 2023

Kirim barang merupakan salah satu cara mengirim barang dari satu tempat ke tempat lain, dan tentu saja, Anda ingin mengetahui status pengiriman barang tersebut. Namun, di tahun 2023, cek resi pengiriman barang bisa dilakukan secara online. Dengan begitu, Anda bisa cek resi pengiriman barang kapan saja dan dimana saja, tanpa harus datang ke kantor pos atau ekspedisi yang bersangkutan.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengetahui status pengiriman barang Anda di tahun 2023:

1. Cari Kode Resi

Kode resi adalah nomor yang diberikan oleh ekspedisi atau kantor pos yang bersangkutan ketika Anda mengirim barang. Kode resi ini berupa angka atau kombinasi huruf dan angka. Kode resi ini bisa Anda temukan pada struk pengiriman barang yang diberikan oleh ekspedisi.

2. Buka Situs Cek Resi

Selanjutnya, Anda bisa buka situs cek resi yang tersedia. Di tahun 2023, situs-situs cek resi telah dioptimasi untuk beragam perangkat, seperti laptop, komputer, dan smartphone. Jika Anda menggunakan laptop atau komputer, Anda bisa langsung buka situs cek resi melalui browser. Namun, jika Anda menggunakan smartphone, Anda bisa download aplikasi cek resi yang tersedia.

3. Masukkan Kode Resi

Setelah Anda membuka situs cek resi, Anda bisa langsung masukkan kode resi yang Anda dapatkan di nomor 1 tadi. Pastikan Anda memasukkan kode resi dengan benar, agar Anda bisa mendapatkan informasi yang akurat tentang status pengiriman barang Anda.

4. Tunggu Hasil Pencarian

Setelah Anda menekan tombol cari, Anda bisa menunggu hasil pencarian. Biasanya, informasi yang ditampilkan di situs cek resi antara lain informasi tentang pengirim, penerima, lokasi pengiriman, waktu pengiriman, dan status pengiriman barang. Jika status pengiriman barang sudah sampai tujuan, maka Anda bisa segera mengambil barang tersebut.

5. Cetak Data Pengiriman

Jika Anda ingin mencetak data pengiriman, Anda juga bisa melakukannya. Di situs cek resi, Anda bisa menemukan opsi untuk mencetak data pengiriman. Jika Anda mencetak data pengiriman, Anda bisa menjadikannya sebagai bukti pengiriman barang.

6. Simpan Data Pengiriman

Selain mencetak data pengiriman, Anda juga bisa menyimpan data pengiriman. Di tahun 2023, situs cek resi telah menyediakan fitur untuk menyimpan data pengiriman. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan data pengiriman dan membukanya kapan saja, tanpa harus mengulangi proses cek resi.

Demikianlah cara cek resi pengiriman barang di tahun 2023. Dengan fitur cek resi online ini, Anda bisa cek resi pengiriman barang kapan saja dan dimana saja, tanpa harus datang ke kantor pos atau ekspedisi yang bersangkutan.