Cara Cek Resi Pos Lewat Hp

Apa Itu Resi Pos?

Resi pos adalah bukti pengiriman barang yang dikeluarkan oleh jasa pengiriman. Terdapat nomor resi pos yang digunakan untuk mengetahui posisi barang yang telah dikirim. Nomor resi pos juga bisa digunakan untuk memastikan pengiriman diterima atau tidak. Di era modern seperti saat ini, cara cek resi pos telah menjadi lebih mudah, tak lagi memerlukan kertas untuk melakukan pengecekan. Namun masih terdapat cara cek resi pos yang menggunakan kertas, cara ini masih diterapkan oleh beberapa jasa pengiriman.

Cara Cek Resi Pos Lewat HP

Kini, cara cek resi pos tak lagi memerlukan kertas untuk mengecek posisi barang yang telah dikirim. Dengan adanya teknologi, kini anda bisa menggunakan HP untuk melakukan pengecekan resi pos. Cara cek resi pos lewat HP ini sangat mudah dilakukan dan juga tidak memerlukan waktu yang lama. Berikut ini adalah cara cek resi pos lewat HP:

1. Download Aplikasi Jasa Pengiriman

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasi dari jasa pengiriman yang anda gunakan. Biasanya, jasa pengiriman memiliki aplikasi yang tersedia di Play Store. Pastikan anda mengunduh aplikasi yang sesuai dengan jasa pengiriman yang anda gunakan. Setelah aplikasi terunduh, anda bisa membuka aplikasi tersebut dan langsung login.

2. Login dan Cari Menu Cek Resi

Setelah anda login ke aplikasi, anda bisa mencari menu cek resi. Biasanya, menu cek resi terletak di halaman utama aplikasi. Anda bisa mengklik menu cek resi tersebut dan akan muncul halaman khusus untuk mengecek resi pos. Disana anda bisa memasukkan nomor resi pos yang ingin dicari.

3. Masukkan Nomor Resi

Setelah anda menemukan halaman dimana anda bisa memasukkan nomor resi, anda bisa langsung memasukkan nomor resi yang ingin anda cek. Pastikan anda memasukkan nomor resi dengan benar. Setelah itu, anda bisa mengecek posisi barang yang telah dikirim.

4. Hasil Cek Resi

Setelah anda memasukkan nomor resi, anda akan menemukan hasil cek resi. Hasil cek resi ini berisi informasi mengenai posisi barang yang telah dikirim. Informasi yang ditampilkan dapat berupa kota tujuan, nomor tujuan, tanggal kirim, waktu kirim, dan masih banyak lagi. Hasil cek resi juga bisa dilihat dalam bentuk peta jika anda menggunakan aplikasi dari jasa pengiriman yang memiliki fitur tersebut.

5. Cek Penerimaan Barang

Selain mengecek posisi barang, anda juga bisa cek penerimaan barang. Penerimaan barang dipastikan dengan adanya tanda tangan dari penerima barang. Dengan menggunakan HP, anda bisa melihat tanda tangan penerima barang dari aplikasi jasa pengiriman. Dengan demikian anda bisa memastikan bahwa barang anda telah diterima oleh penerima yang tepat.

Kesimpulan

Cara cek resi pos lewat HP memang sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi jasa pengiriman, lalu login ke aplikasi dan memasukkan nomor resi. Anda juga bisa melihat tanda tangan penerima barang dari aplikasi jasa pengiriman. Dengan demikian anda bisa memastikan bahwa barang anda telah diterima oleh penerima yang tepat.